MainBoard


Mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur, dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Berikut adalah bagian - bagian Motherboard :

1. Konektor Power
 
Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer.

2. Soket Processor dan Processor
  • Soket Processor adalah tempat dimana processor dipasang.
  • Processor adalah otak dan pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya.
  • Fungsi processor adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse, keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri.

3. Slot Memori
Slot memori digunakan untuk memasang memori utama pada komputer. 
4. North Bridge Controller
  • North bridge disebut juga dengan nama Memory Controller Hub (MCH).
  • North bridge adalah bagian yang menghubungkan processor ke sistem memori dan graphics controller.

5. South Bridge Controller
South Bridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug dan play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya. 

6. Konektor Floppy dan IDE
  • Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk.
  • Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master.
  • Konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan pirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave.

7. AGP Slot
  • AGP adalah Singkatan dari Accelerated Graphics Port.
  • Fungsi AGP adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat.

8. PCI Slots
  • PCI adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras.
  • Pengembangan slot PCI 2.2 32-bit ini mensupport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaran maksimum 133 MB/s.

9. Port Paralel dan Serial
  • Fungsi port paralel bermacam-macam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel.
  • Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse.

10. RJ-45 Port
Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

11. Microphone Jack
  • Jack mic (pink) ini menghubungkan ke mikrofon.
  • Pada mode 6-channel fungsi jack ini sebagai rear speaker out belakang.

12.USB 2.0 port 1 dan 2
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.

13. Video Graphic Adaptor Port
Port 15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel

14. Konektor keyboard
Konektor Keyboard memiliki dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atau tipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2 punya, dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT.

15. PS/2 Mouse Port
Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.

16. Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.

17. Hard Disk
Hard Disk atau bisa disebut juga hard drive, fixed disk, HDD, atau cukup hard disk saja, adalah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data dalam komputer. Hard disk terdiri atas tiga bagian utama, yaitu piringan magnetik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. Piringan tersebut digunakan untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis bertugas memutar piringan tersebut.
Jenis – Jenis Hard Disk Menurut Interfacenya
  1. ATA 
    AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghu­bungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer.
  2. SATA 
    SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana. 
  3. SCSI 
    SCSI (Small Computer System Interface) dibaca “skasi” adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.

18. RAM Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar